PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
SMP
Negeri 16 Yogyakarta
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VII / 1 & 2
Tahun Ajaran :
2012 / 20 13
Target Nilai Prota : 70
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1
|
1.Mendengarkan
memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan
interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah
atau melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to
meet you
A : Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to
meet you
A : Don’t do that
B : No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
|
4 jp
|
|
1.2.
Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk beriteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
|
Contoh :
A : Where’s the book?
B : It’s there.
A : Thank you.
B : You’re welcome.
A : I’m sorry.
B : it,s okay.
A : Please..!
B : All right thanks.
|
4 jp
|
|||
Ulangan harian
|
2 jp
|
||||
2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
2.1 Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Keep closed !
·
Things to buy
-
Sugar
-
Flour
-
Meat
-
Butter
·
Congratulations !
·
Well done !
·
Announcement !
“ School will close tomorow since
it’s the WAISAK day.”
|
4 jp
|
||
2.2.
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Congratulations !
·
Well done !
·
Announce ment !
“ School will close tomorow since
it’s the WAISAK day
|
4 jp
|
|||
Ulangan harian
|
2jp
|
||||
3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal,
memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How Are you?
B : Fine thanks.
A : Hi, I’m Rani
B : Hello, I’m Nina.
A : Go away !
B : Okay.
A : Don’t be Noisy
B : I won’t.
|
4 jp
|
||
3.2 Melakukan interaksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi informasi,
mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
|
Contoh :
A. Where is it
?
B. It’s here.
A. Thanks a
lot.
B. You’ re
Welcome.
A. I’ m sorry.
B. It’s Okay.
A. Please,
come in.
B.Thank you.
|
4 jp
|
|||
Ulangan harian
|
2jp
|
||||
4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional
pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks Fungsional :
·
Intruction
·
Shopping
list
·
Greetings
·
Announcement
|
4 jp
|
||
4.2.Mengungkapkan
makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1. Teks
fungsional berbentuk :
·
instruction
·
shopping list
·
greetings
·
announcement
|
4jp
|
|||
Ulangan harian
|
2jp
|
||||
5. Membaca
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
5.1 Membaca nyaring bermakna kata,
frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Pronunciation kata
dan Intonation:
frasa,
kalimat yang
telah dipelajari
|
4 jp
|
||
5.2 Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
· Teks
fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- Pengumuman
|
4 jp
|
|||
Ulangan harian
|
2jp
|
||||
6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
· Teks
fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- Pengumuman
· Kalimat
sederhana terkait materi dan jenis teks.
|
4 jp
|
||
6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam
teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
2. Teks
fungsional pendek tentang :
- Instruksi
- Daftar
barang
- Kartu
ucapan
- pengumuman
·
Langkah retorika teks fungsional pendek
|
6 jp
|
|||
Mid smester
|
2jp
|
||||
Ulangan akhir smester
|
2jp
|
||||
Cadangan
|
4jp
|
||||
Semester 1 jumlah
|
68 jp
|
||||
2
|
7.Mendengarkan
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan llingkungan terdekat
|
7.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done )
dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur : meminta dan memberi
jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
|
Contoh:
A : Pass me the
pencil, please!
B : Sure. Here you
Are.
A : Give me a piece
of paper, please!
B : Sure, Here You
are.
A : Did you come
here yesterday?
B : I did.
|
4 jp
|
|
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi
pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan
merespon secara interpersonal
|
Contoh :
A. What do you
Think?
B. Not bad.
A.
I like tea
B.
I dont
I like milk
A.
Are you sure ?
B.
I am
A.
Are you?
Yes, I am
|
6 jp
|
|||
8. Mendengarkan
Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang
berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
· Teks fungsional pendek
berupa :
-
Instruksi
-
Daftar barang
-
Ucapan Selamat
-
Pengumuman
· Kosakata terkait tema
dan jenis teks
· Ciri kebahasaan teks
fungsional :
-
instruksi
-
daftar barang
-
ucapan selamat
-
pengumuman
|
4 JP
|
||
8.2 Merespon makna yang
terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
descriptive dan procedure
|
· Teks monolog berbentuk:
-
DeskriptIf
-
prosedur
·
Kosakata terkait tema / jenis teks
·
Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
·
Langkah retorika teks deskriptif / prosedur
|
6 JP
|
|||
9. Berbicara
mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
9.1 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional ( to get
things done ) dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa,
meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
|
· Contoh:
A : Pass me the
pencil please!
B : Sure. here you
are.
A : Give me the paper
Please!
B : Sure, here it is.
|
4 JP
|
||
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) & interpersonal (bersosialisai) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi
pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara
interpersonal
|
Contoh :
A.
What do you think of this?
B.
Not bad
A.
I like tea
B.
I don’t
A.
Are you sure
B.
I am
A.
Do you?
B. I do
|
6 JP
|
|||
10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sangat sederhana descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
10.1. Mengungkapkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek berbentuk :
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
|
4 JP
|
||
10.2 Mengungkapkan makna
dalam monolog pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
1. Teks monolog
berbentuk :
Descriptive/Procedure
2. Kosa kata terkait
tema / jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks
deskriptif / prosedur
|
6 JP
|
|||
11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional
dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
11.1. Merespon makna yang
terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan selamat
pengumuman
|
4 JP
|
||
11.2 Merespon makna dan
langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat
sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
|
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive
|
6 JP
|
|||
11.3 membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima
|
Teks descriptive/procedure
Pronunciation
Intonation
punctuation
|
4jp
|
|||
12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
12.1 Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
- Teks fungsional
Instruksi
Daftar barang
Pengumuman
Ucapan selamat
-
Kosakata terkait tema / jenis teks.
-
Ciri kebahasaan teks fungsional.
|
4 JP
|
||
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam
esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive/
procedure
|
Teks monolog berbentuk
Descriptive/procedure
|
6 Jp
|
|||
Midsmester
|
2jp
|
||||
Ulangan ahir smester
|
2jp
|
||||
Cadangan
|
2jp
|
||||
Semester 2
jumlah
|
68 jp
|
Mengetahui,
Kepala SMP N
16 Yogyakarta
( Drs.
ISTIYONO )
NIP: 195312251982031008
|
Yogyakarta,
13 Juli 2013
Guru Mapel
Bahasa Inggris
( JEJEN, S.Pd.)
NIP:196602032007011015
|
|||
No comments:
Post a Comment