Prota Sem 1



Text Box:  PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah        : SMP Negeri 16 Yogyakarta
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : VII /  1 & 2
Tahun Ajaran         : 2012 / 20 13
Target Nilai Prota  : 70

SMT
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
















































































































































































1.Mendengarkan
    memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok


4 jp






















1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.


4 jp

Ulangan harian


2 jp

2. Mendengarkan
      Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.1  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Contoh:
·   Keep closed !

·   Things to buy
-   Sugar
-   Flour
-   Meat
-   Butter
·   Congratulations !
·   Well done !
·   Announcement !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”



4 jp


2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:
·   Congratulations !
·   Well done !
·   Announce ment !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day


4 jp

Ulangan harian


2jp

3. Berbicara
      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3.1  Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:
A :   Good morning
        How Are you?
B :   Fine thanks.

A :   Hi, I’m Rani
B :   Hello, I’m Nina.

A :   Go away !
B :   Okay.
A :   Don’t be Noisy
B :   I won’t.


4 jp


3.2  Melakukan interaksi
           dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan


Contoh :
A.     Where is it ?
B.     It’s here.

A.     Thanks a lot.
B.     You’ re
        Welcome.

A.     I’ m sorry.
B.     It’s Okay.

A. Please,
       come in.
B.Thank you.



4 jp

Ulangan harian


2jp

4. Berbicara
      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Teks Fungsional :
·         Intruction
·         Shopping list
·         Greetings
·         Announcement



4 jp


4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1. Teks fungsional berbentuk :
·         instruction
·         shopping list
·         greetings
·         announcement

4jp

Ulangan harian


2jp

5. Membaca
Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
 Pronunciation kata
dan Intonation:
    frasa,
    kalimat yang
   telah dipelajari



4 jp



5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


·     Teks fungsional pendek berbentuk:

-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   Pengumuman



4 jp

Ulangan harian


2jp

6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan  lingkungan terdekat

6.1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
·   Teks fungsional pendek berbentuk:
-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   Pengumuman
·  Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.

4 jp


  6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.      Teks fungsional pendek tentang :
-   Instruksi
-   Daftar barang
-   Kartu ucapan
-   pengumuman

·         Langkah retorika teks fungsional pendek

6 jp

Mid smester
2jp

Ulangan akhir smester
2jp

Cadangan
4jp

Semester 1                                          jumlah
68 jp




2


















































































































































































































7.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur  : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
 Contoh:

A :  Pass me the
      pencil,   please!
B :  Sure. Here you
      Are.

A :  Give me a piece
      of paper, please!
B :  Sure, Here You
      are.

A :  Did you come
      here yesterday?
B :  I did.


4 jp


7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal

Contoh :

A. What do you
     Think?
B. Not bad.
A. I like tea
B. I dont
     I like milk

A. Are you sure ?  
B. I am

A. Are you?
Yes, I am

6 jp

8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
·     Teks fungsional pendek berupa :
-   Instruksi
-   Daftar barang
- Ucapan Selamat
-   Pengumuman

·     Kosakata terkait tema dan jenis teks

·     Ciri kebahasaan teks fungsional :
-   instruksi
-   daftar barang
-   ucapan selamat
-   pengumuman



4 JP


8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure



·     Teks monolog berbentuk:
-   DeskriptIf
-   prosedur
·        Kosakata terkait tema / jenis teks
·        Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
·        Langkah retorika teks deskriptif / prosedur


6 JP

9. Berbicara
      mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana berinteraksi dengan lingkungan terdekat
9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal
( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta

·     Contoh:

A : Pass me the
     pencil please!
B : Sure. here you
      are.

A : Give me the paper
      Please!
B : Sure, here it is.

4 JP


 9.2  Mengungkapkan  makna dalam  percakapan transaksional (to get things done)  & interpersonal (bersosialisai) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dantidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal

Contoh :

A. What do you think  of this?
B. Not bad

A. I like tea
B. I don’t

A. Are you sure
B. I am

A.     Do you?
B.     I do

6 JP

10. Berbicara
        Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.1. Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Teks fungsional pendek berbentuk :

­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Pengumuman
­   Ucapan selamat


 4 JP


 10.2  Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

1. Teks monolog
  berbentuk :

Descriptive/Procedure

2. Kosa kata terkait tema / jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks deskriptif / prosedur
 6 JP

11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.1.   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Teks fungsional pendek berupa :
­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Ucapan selamat
­   pengumuman


 4 JP


 11.2  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure

Kosakata terkait tema / jenis teks.

Ciri kebahasaan teks :
- procedure
- descrptive
6 JP


11.3 membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/ procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
Teks descriptive/procedure

Pronunciation

 Intonation

 punctuation

4jp

12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
- Teks fungsional
­   Instruksi
­   Daftar barang
­   Pengumuman
­   Ucapan selamat
-   Kosakata terkait tema / jenis teks.
-   Ciri kebahasaan teks fungsional.

 4 JP


 12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure

Teks monolog berbentuk

Descriptive/procedure

 6 Jp


Midsmester
2jp


Ulangan ahir smester
2jp


Cadangan
2jp


Semester  2                                                        jumlah
68 jp







Mengetahui,
Kepala SMP N 16 Yogyakarta



( Drs. ISTIYONO  )
NIP: 195312251982031008

Yogyakarta, 13 Juli  2013
Guru Mapel Bahasa Inggris



(  JEJEN, S.Pd.)
NIP:196602032007011015



No comments: