Thursday, April 25, 2013

Langkah Disiplin



3 LANGKAH DISIPLIN DIRI Untuk Raih Sukses

Anda sering merasa iri dengan teman-teman Anda yang lebih sukses?

Ternyata, menurut John C. Maxwell dalam bukunya Go For Gold, sukses tidak hanya diraih dengan keuletan dan kemampuan saja, tapi juga disiplin yang tinggi. Berikut tiga poin yang dirangkum dari bukunya untuk menguasai disiplin pribadi.

1. Saring Prioritas
Pikirkan dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup Anda, lalu tulis. Pada tiap hal buatlah disiplin yang harus Anda kembangkan untuk tetap bertumbuh dalam bidang-bidang tersebut. Jadikanlah itu sebagai bagian sehari-hari dalam kehidupan Anda.

2. Tulis Alasannya
Sediakan waktu untuk menuliskan manfaat dari pelatihan disiplin diri yang Anda lakukan dari daftar di atas.
Tempel manfaat tersebut di tempat yang mudah terlihat setiap hari. Jika Anda merasa malas untuk melakukan disiplin diri, baca ulang daftar alasan yang telah Anda buat.

3. Tidak Ada Kata Tidak Bisa/ Tidak Mampu
Selain itu, tulis alasan-alasan Anda tidak mampu mematuhi daftar yang Anda buat di poin pertama. Lalu, jadikan alasan-asalan ketidakmampuan Anda sebagai ‘alasan saja’ dan perlu Anda singkirkan. Bila ada masalah yang bukan hanya ‘alasan saja’ segera cari solusi penyelesaiannya. Jangan pernah membuat alasan apapun untuk menyerah! (Kabar24/nel)





4 LANGKAH Mudah Untuk Menenangkan Diri
Jika Anda sedang merasa stres, sedih, atau marah, coba ikuti beberapa langkah berikut yang dapat membantu menenangkan diri Anda.
 
Atur napas

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pernapasan, begitu rasa marah atau stres mengganggu Anda. Cobalah bernapas dengan menggunakan hidung dan keluarkan melalui mulut. Cara ini akan membantu mengatur reaksi tubuh Anda dan membantu Anda tetap tenang.

Lepaskan tekanan dari tubuh

Lakukan peregangan atau olahraga ringan yang bisa menjadi pelepasan stres. Anda juga bisa menggerakkan atau menggoyangkan bagian bahu, untuk sekadar melepaskan beban yang ada. Menggerakkan bahu dengan gerakan memutar juga merupakan satu cara untuk menghilangkan rasa stres.

Duduk dan bersantai

Cari tempat di mana Anda bisa duduk dan bersantai. Dengarkan juga musik yang menenangkan untuk melepaskan diri Anda dari tekanan emosional. Lepaskan semua ketegangan dari tubuh Anda dan konsentrasikan diri untuk tetap rileks serta melepaskan semua pikiran yang membebani Anda.

Hindari orang penyebab stres

Sebisa mungkin jauhi orang atau lingkungan yang membuat Anda stres, setidaknya sampai diri Anda benar-benar tenang. Saat dilanda stres dan amarah, coba kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang selalu mendukung dan bisa menenangkan diri Anda. Kadang dengan bercerita dan mencurahkan hati dengan orang terdekat, bisa menenangkan hati Anda. (Kabar24/aw)

No comments: