SK DAN KD KELAS 8



STANDAR KOMPETENSI  DAN KOMPETENSI DASAR
ENGLISH 8 /SMP
SEMESTER 1

Mendengarkan
1.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
1.1     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to  getthings done ) daninterpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta,memberi,  barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

1.2     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yangmelibatkan tindak tutur: mengundang,menerima dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

2.       Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.1     Merespon makna yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederh ana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2     Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentukdescriptive dan recount
Berbicara
3.       Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.1     Mengungkapkan makna dalam percakapantransaksional (to getthings done) daninterpersonal(bersosialisasi)sederhandengamenggunakan ragambahasa lisan secaraakurat, lancar, danberterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta,memberi,menolak jasa meminta, memberi, menolak barang, mengakui,mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2     Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) danInterpersona l(bersosialisasi)sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan,menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar  Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Menulis
4.     Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.1     .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan
4.2     Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhanadengan menggunakan
ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Mendengarkan
5.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
5.1. Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan
        sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang
        berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
        berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

6.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
        bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
        tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk
        descriptive dan recount

Sem 2

Berbicara
7.       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
7.1     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to getthings done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
7.2     Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, telepon

Mendengarkan
8.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.1     Merespon makna yangterdapat dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan  
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2     Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

9.        Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9.1     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
        pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
        berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
        meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan
        menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon



10.    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.1  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2   Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
Membaca
11.  Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
11.1  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2   Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secaraakurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
Menulis
12.    Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungansekitar           
12.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar   dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2  Mengungkap kanmakna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recountdan narrative

No comments: