STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
ENGLISH 8 /SMP
SEMESTER
1
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
1.1
Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to getthings done )
daninterpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta,memberi, barang, mengakui, mengingkari fakta, dan
meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yangmelibatkan tindak tutur:
mengundang,menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/ tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
2.
Memahami makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.1 Merespon makna
yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederh ana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentukdescriptive
dan recount
Berbicara
3.
Mengungkap kan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapantransaksional (to getthings done) daninterpersonal(bersosialisasi)sederhandengamenggunakan
ragambahasa lisan secaraakurat, lancar, danberterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur: meminta,memberi,menolak jasa
meminta, memberi, menolak barang, mengakui,mengingkari fakta, dan meminta dan
memberi pendapat
3.2 Memahami
dan merespon percakapan transaksional (to get things done) danInterpersona
l(bersosialisasi)sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak
ajakan,menyetujui/tidak menyetujui,
memuji, dan memberi selamat Mengungkap
kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang
berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Menulis
4. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.1 .Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
denganlingkungan
4.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhanadengan
menggunakan
ragam
bahasa nista secara
akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan
recount
Mendengarkan
5.
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
5.1. Membaca nyaring bermakna
teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek
dan
sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2. Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan
berterima yang
berkaitan
dengan lingungan sekitar
5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
6. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa
tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk
descriptive dan recount
Sem 2
Berbicara
7.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
7.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to getthings
done) dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
7.2 Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap
pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan, telepon
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.1 Merespon
makna yangterdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna
yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk
berinteraksi
dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
9.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk
berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak
jasa,
meminta, memberi,
menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi,
dan
menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan,
memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan telepon
10.
Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
10.2 Mengungkap kan makna dalam monolog pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
Membaca
11. Memahami
makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
11.1 Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
11.3Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secaraakurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungansekitar
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
12.2 Mengungkap kanmakna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar berbentuk recountdan
narrative
No comments:
Post a Comment